Daftar Olahraga Ringan Di Rumah untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga ringan untuk menurunkan berat badan

Olahraga ringan untuk menurunkan berat badan di rumah

Menurunkan berat badan sebaiknya dilakukan secara sehat, yakni salah satunya dengan olahraga. Tidak mesti berat, ada banyak olahraga ringan untuk menurunkan berat badan yang bisa dicoba.

Tanpa kita sadari, bahkan melakukan pekerjaan rumah juga bisa menjadi olahraga, lho. Olahraga ringan di rumah untuk menurunkan berat badan yang bisa dilakukan, salah satunya seperti menyapu, memindahkan barang, hingga mencuci.

7 Olahraga ringan yang efektif untuk menurunkan berat badan

Berikut daftar olahraga ringan di rumah yang efektif untuk menurunkan berat badan:

Olahraga ringan untuk menurunkan berat badan

1. Yoga

Olahraga ringan yang efektif untuk menurunkan berat badan adalah yoga. Selain efektif, olahraga yang satu ini juga bisa dilakukan di rumah tanpa perlu pergi ke gym. 

Yoga paling baik dilakukan pada pagi hari, terutama saat matahari terbit. Sejumlah gerakan yoga yang secara khusus dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah gerakan Adho Mukha Svanasana atau gerakan anjing yang menghadap ke bawah.

2. Crunch

Crunch juga menjadi salah satu olahraga di rumah yang cepat menurunkan berat badan. Olahraga ini sangat baik dilakukan untuk mengencangkan otot perut atas, mengurangi lemak perut, dan membentuk perut.

Cara melakukan crunch adalah:

  • Telentang di atas lantai
  • Tekuk lutut
  • Letakan tangan di belakang kepala
  • Angkat bahu dari lantai dan tekuk kedua kaki ke arah tulang rusuk sebanyak 20 hitungan 

3. Lompat Tali

Olahraga lompat tali di rumah juga bisa dipilih untuk menurunkan berat badan, lho. Olahraga lompat tali bagus untuk mengencangkan otot dan dapat membakar hingga 10 kalori per menit. 

Sebagai permulaan, kamu bisa memulai lompat tali paling sedikit 10 menit per hari.

Olahraga lari untuk menurunkan berat badan

4. Jalan santai

Jalan kaki santai sambil membereskan rumah juga bisa jadi pilihan olahraga yang efektif menurunkan berat badan. Meski terlihat ringan, jalan santai dapat membakar hingga 255 kalori setiap 2 mil per jam.

5. Bersepeda

Tak kalah dengan olahraga ringan lainnya, bersepeda juga bisa membakar banyak kalori. Bersepeda santai dengan kecepatan di bawah 10 mil per jam mampu membakar sekitar 364 kalori untuk orang dengan berat badan sekitar 90 kg.

6. Cardio

Selain efektif menurunkan berat badan, olahraga cardio juga baik untuk melatih otot-otot tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan sirkulasi darah. Beberapa jenis olahraga cardio yang bisa kamu lakukan di rumah, di antaranya adalah naik turun tangga hingga jogging

7. Squats

Jika kamu ingin berat badan turun dan memiliki paha serta bokong yang ideal, kamu bisa memilih olahraga squats. Cara melakukan olahraga squats adalah: 

  • Berdiri tegak dan buka kedua kaki sejajar dengan bahu
  • Turunkan pinggul hingga posisi seperti duduk kemudian kembali berdiri
  • Ulangi gerakan tersebut hingga 20 hitungan

Manfaat olahraga untuk menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan dengan olahraga adalah cara terbaik yang bisa dilakukan, dibandingkan dengan hanya mengurangi makan. Pasalnya, olahraga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh.

Namun, agar berat badan bisa turun dengan maksimal, kamu perlu tetap mengimbanginya dengan pola makan sehat. Selain mengatur pola makan, pastikan tetap cukup istirahat dan tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *