Tujuan Permainan Bola Basket Selain Menyehatkan Tubuh

tujuan permainan bola basket selain menyehatkan tubuh

tujuan permainan bola basket selain menyehatkan tubuh

Banyak sekali tujuan permainan bola basket selain menyehatkan tubuh. Pastinya, kita sudah tahu bahwa olahraga bola basket termasuk jenis permainan bola besar dengan gerakan yang kompleks, gabungan dari jalan, lari, lompat, shooting, lempar, dan tangkap.  Pertandingan bola basket pertama kali digelar yakni  di olimpiade musim panas pada 1936 untuk kategori pria.

Sementara untuk bola basket wanita pertama kali diperkenalkan pada musim gugur 1892 di Smith College oleh Senda Berenson, lalu pada tahun 2020, bola basket wanita dimainkan secara global, dengan begitu bola basket menjadi salah satu cabang olahraga bola besar paling populer dan paling cepat berkembang di dunia.

Induk olahraga bola basket dunia adalah International Basketball Federation atau FIBA. Di pentas dunia, kompetisi bola basket yang paling terkenal yakni National Basketball Association (NBA) yang merupakan liga basket profesional di Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada).

Dan untuk kompetisi bola basket yang ada di Indonesia saat ini adalah Indonesian Basketball League (IBL). Organisasi pengatur olahraga bola basket di Indonesia adalah Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi).

Bola basket banyak digemari semua kalangan baik remaja,  dewasa hingga lantaran permainan ini bisa dimainkan indoor ataupun outdoor dan hanya memerlukan sedikit space lapangan yang relatif kecil. Di sisi lain, bola basket juga dinilai lebih kompetitif dengan tempo permainan yang cenderung lebih cepat ketimbang olahraga bola lain, seperti : bola voli,  sepak bola atau sepak takraw.

Bermain bola basket tidak hanya membuat tubuh sehat dan bugar namun masih banyak sekali manfaat lainnya. Berikut manfaat olahraga basket yang bisa Anda dapatkan.

7 Manfaat Permainan Bola Basket Salah Satunya Yakni Baik Untuk Perkembangan Mental

1. Membakar Lemak dan Membentuk Tubuh Ideal

Bermain basket secara rutin merupakan hal yang tepat dilakukan untuk orang yang ingin memiliki tubuh ideal. Karena basket adalah olahraga fisik yang identik dengan gerakan bermacam-macam. Hampir seluruh otot tubuh ikut terlibat ketika bermain basket.

Banyak kalori dan lemak yang dibakar. Rata-rata pemain bola basket berlari 4 sampai 5 mil selama satu jam bermain. Bahkan, riset menunjukkan bahwa sesi intens basket dapat membantu Anda membakar 650-750 kalori per jam. Pastinya jika banyak lemak yang terbakar perlahan tubuh dapat terbentuk secara ideal.

2. Membuat Badan Menjadi Lebih Tinggi

Banyak sekali atlet bola basket Dunia yang memiliki badan yang tinggi. Hal itu dikarenakan didalam permainan bola basket ada beberapa gerakan yang mampu meregangkan otot kaki, tulang belakang, serta tulang kaki. Dengan rutin bermain basket, tulang dan otot yang kita latih tersebut dapat membuat tubuh menjadi tinggi secara perlahan.

3. Melatih Konsentrasi

Basket adalah permainan bola besar yang melibatkan banyak lari, dribbling, berbalik cepat, passing, melompat, dan melempar. Olahraga ini sangat cocok untuk meningkatkan konsentrasi para pemainnya. Dalam pertandingan, para pemain diharuskan fokus karena permainan dilangsungkan secara cepat dan menguras tenaga.

Tanpa konsentrasi tim yang baik, tim akan dirugikan karena lawan akan dengan mudah menyerang ke area defend / area bertahan. Jika  team sudah kompak dan sudah terbiasa kosentrasi dalam permainan, manfaatnya akan berkelanjutan seperti dapat mempertahankan fokus dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca juga : Sepatu Bola Basket Termahal di Dunia Tembus 29,7 Miliaran

4. Meningkatkan Daya Imunitas Tubuh

Selain mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang disarankan juga untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk mampu mengoptimalkan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga  yang dapat dilakukan yakni olahraga basket. Aktivitas ini merupakan salah satu olahraga yang mampu mencegah bakteri dan virus yang sifatnya patogen.

tujuan permainan bola basket
tujuan permainan bola basket

5. Membangun Kecerdasan Interpersonal

Permainan bola basket yang dilakukan berkelompok dapat melatih kemampuan Anda Membangun kecerdasan interpersonal, karena didalam permainan bola basket Anda belajar memahami motivasi dan kepribadian orang lain serta Anda juga dapat mempelajari bagaimana cara menghadapi dan menyesuaikan diri dengan setiap individu yang ada di dalam tim basket guna tercapainya pertandingan yang optimal.

6. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Permainan bola basket adalah permainan tim dan bukannya permainan individu. Dasar dari bermain basket adalah mengoper bola. Dengan kerja sama tim yang baik, tidak egois Anda dapat membentuk rasa hormat pada rekan sepermainan Anda dan mengembangkan kemampuan bersosialisasi dengan mereka.

7. Baik Untuk Perkembangan Mental

Bermain basket selain dapat meningkatkan rasa percaya diri.  Saat kita berhasil memasukkan bola ke dalam keranjang lawan, pasti akan timbul kebanggaan dalam diri yang kemudian dapat membuat lebih percaya diri. Selain itu, permainan basket juga meningkatkan kemampuan otak dan kemampuan berpikir saat kita  berusaha memahami strategi permainan basket seperti offence (menyerang) dan defence (bertahan).

Nah, itulah sejumlah manfaat yang bisa kamu dapat dari bermain basket. Olahraga basket ini mengharuskanmu untuk aktif bergerak. Jadi, jangan ragu untuk mengajak teman atau keluarga untuk keluar rumah, mencari lapangan, dan bermain basket agar kesehatan tubuh dan pikiran  tetap terjaga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *